Wednesday, September 28, 2011

Obrolan ringan

Pengen sharing sebuah obrolan ringan aku sama Wisnu, yang berawal sedikit canggung dan berakhir dengan mata berkaca-kaca dan senyum bahagia dariku. Berawal dari sebuah perdebatan kecil yang terjadi beberapa waktu yang lalu, tepatnya 20 September 2011. Malam itu, Wisnu emang lagi capek-capeknya, seharian itu adalah hari tersibuknya, dan seterusnya tiap hari Selasa akan seperti itu. Terlihat jelas aku masih belum terbiasa dengan keadaan seperti itu, dan sempat berkicau di twitter "SIBUK MAKSIMAL YA HARI SELASA ITU" dan pake huruf besar semua, ini tweet ga nyantai banget yaa -___-"

Dan akhirnya Wisnu pun mempertanyakan kenapa aku ngetweet kayak gitu, bukan karena itu yang membuat malam ini aku berceceran air mata tapi karena tiba-tiba aja Wisnu nglakson lama (yaa, tiap kali dia perjalanan pulang, aku slalu nemenin dia ditelfon). Jelas ada mobil lain yang ngaco nyetirnya dan dia jadi emosi, aku nyoba buat nenangin dia, dan untuk kali ini masih baik-baik saja. Kedua kalinya terjadi, dan aku mencoba menghibur dengan melucu sedikit bermanja-manja tapi kali ini gak berhasil, dan telfon saat itu diakhiri karena mungkin dia lagi ga mau ditemenin (pikiranku saat itu).



Sakit sih rasanya, karena aku mikir kalo' Wisnu nggak mau ditemenin sama aku, dan aku juga ngerasa kalo' usaha aku buat ngehibur dia itu nggak ada artinya. Dan malam itu pun berakhir dengan linangan air mata, karena mind set yang aku buat sendiri.

Paginya, tanggal 21 September 2011 :) Wisnu nelfon setelah aku ping! bbm, kalimat pertama yang keluar dari mulut dia adalah "kalo aku ga nelfon, kamu ga akan nelfon aku??" dan dengan ga bersalah aku bilang "mm...nggak..." sebenernya rada lupa kronologisnya kayak gimana, yang jelas disitu aku emosi karena lagi-lagi ngerasa dipojokin karena ga mau nelfon duluan, disisi lain sedih juga kenapa hal kayak gini aja dimasalahin, cuma soal nelfon gitu, trus kenapa kalo' aku ga mau nelfon karena ga enak ngebangunin dan bla bla?!?!



Emosi membuncah, dan lagi-lagi air mata mengalir, sukseslah membuat palpebra superior dan inferior bengkak kayak bola ping-pong, dan akhirnya pake kacamata buat nutupin -___-"

Siangnya, diajakin temen aku si Eren buat nonton Final destination :D bareng sama Rifti akhirnya aku berangkat ke TA berdua, pesen tiket dulu. Karena masih banyak waktu sebelum dimulai filmnya, akhirnya kita ke tempat sushi dan lucunya mesen makanan yang sama -____- begini niih namanya sahabat...sehati segala2nyaa ddeehh...

Dan aku nyoba ngajak Wisnu, dia nggak mau dipesenin (oh iya, Wisnu diajakin nonton bareng juga)dan bersyukur aja dia mau nyusulin ke sushi. Abis kenyang, buru-buru ke XXI, nontooon film lebay dan sereeeemmm, dan akhirnya pulaaang. Tadinya mau langsung pulang, tapi tiba-tiba diajak nonton lagi sama Wisnu, nonton Hangover part2!! ^___^


ini film bodooh paraaaaaahhh!!

Sebelum nonton, ada waktu jeda, dan aku disuruh cerita sama Wisnu, soal apa yang aku rasain semalem. Dan setelah aku cerita, dia bilang kalo’ ya posisinya dia lagi kesel, dan aku ga fokus sama dia, daripada dia bikin bete aku, akhirnya dia memutuskan buat mengakhiri telfonnya dan disalah artikan sama aku yang mikir kalo’ dia itu ga mau ditemenin sama aku. Ya namanya juga cewek, kalo’ udah ngerasa ngelakuin sesuatu dan ternyata di kasih respon yang ga diharepin yang ada malah galau kan. Abis dijelasin sama Wisnu, aku baru sadar kalo’ aku terlalu egois, aku terlalu mikir kalo’ aku yang sakit, sedangkan aku ga mikir kalo’ apa yang dia lakuin itu sebenernya buat ngejaga perasaan aku, buat mencegah supaya ga terjadi hal buruk.

Ada lagi yang bikin aku makin terharu dari pembicaraan kita sore ini, kita lagi ngebahas soal telfon tadi pagi, disaat aku ngerasa “Apa? Lagi-lagi Cuma gara-gara aku ga nelfon dan aku dipojokin lagi?” bayangin dong, pagi-pagi mau berangkat ke kampus tiba-tiba disodorin pertanyaan “Jadi kalo’ aku ga nelfon kamu, kamu ga bakal nelfon aku??” what the hell is going on dude? Masih aja yaa pagi-pagi bikin kesel. Well, yap…itu yang aku pikirin tadi pagi, tapi seketika semuanya berubah ketika Wisnu ngejelasin. Kalimat pertanyaan pertama yang keluar dari dia ketika mulai ngebahas ini adalah “Kenapa sih kamu masih ga enak aja sama aku?” ya, emang aku tipikal yang nggak enakaan sama semua orang, even sama orang-orang terdekat aku. Tapi kali ini aku jadi menyadari kalo’ rasa nggak enak aku itu, malah ngurangin rasa bahagia dia. Dia jelasin kalo’ nelfon aku dipagi hari dan bangunin aku adalah suatu kebahagiaan tersendiri buat dia. Bisa denger suara aku dipagi hari, itu hal yang menurut aku sepele tapi menurut dia hal yang bisa bikin dia bahagia. Lagi-lagi, akhirnya aku menyadari, Wisnu emang tipikal yang selalu mempermasalahkan hal sepele, dan akhirnya aku tau apa alasannya “Karena kebanyakan orang justru selalu menyepelekan hal sepele, jadi gak mau berfikir secara luas dan dewasa buat hal itu, contohnya aja waktu aku nelfon kamu dan aku ga fokus sama apa yang kamu omongin karena aku juga ngobrol sama temen aku disaat bersamaan, aku ga menyadari itu nyakitin kamu karena aku pikir itu hal sepele, tapi akhirnya kamu ngingetin aku dan aku sadar disitu aku salah. Orang itu cenderung bisa berfikir lebih tenang, lebih dewasa, dan berfikir berkali-kali untuk masalah yang lebih besar, tapi mereka ga akan mau melakukan usaha yang sama untuk hal yang sepele. Bukan berarti hal sepele ga bisa jadi penyebab pasangan putus kan?”

Sore itu, Wisnu bener-bener nyadarin aku soal sesuatu dan ngasih aku jawaban dari semua kekeselan aku selama ini ke dia yang suka mempermasalahkan hal sepele. Wisnu nyadarin aku kalo’ apa yang menurut aku itu hal biasa dan ga berarti, malah bisa memberikan banyak arti buat orang lain. Aku belajar kalo’ hal kecil bisa memberikan dampak yang besar, kayak sekarang, mungkin memang hanya karena masalah telfon di pagi hari, tapi dampaknya sekarang aku jadi jauh lebih menghargai keberadaan Wisnu di kehidupan aku, karena yang selama ini aku pikir dia cuek dan ga peduli kalo’ ditelfon atau nggak, sebenernya dialah yang paling peka sama semua yang terjadi diantara kita. Itu salahnya, aku terlanjur membuat mind set kalo’ cowok ga ngomong apa-apa itu berarti mereka nggak ngerasain apa-apa, cowok cuek omongan dan sikapnya, itu berarti mereka ga suka atau biasa aja sama apa yang kita lakuin ke mereka. Dan semua mind set itu, runtuh seketika dari obrolaan singkat dan ringan sore ini. :)

No comments:

Post a Comment