Wednesday, June 16, 2010

1000 Topeng

Hari ini, banyak banget yang gue bahas sama temen2 terdekat gue di kampus. Kali ini lengkap banget, semua ada : Acil, Rara, Ocha, Cuwri & Rifti. Gue bingung mau memulai darimana, satu yang pasti gue pelajari hari ini "tidak ada manusia yang sempurna". Kita bisa aja bermuka dua atau memiliki seribu topeng untuk menutupi kekurangan-kekurangan kita, tapi gak setiap saat kita membutuhkan topeng untuk terkesan menjadi manusia yang sempurna dan tanpa cela.

Jangan pernah berfikir orang lain gak tau kekurangan kita, dan cela kita. Setidaknya, gak semua hal yang loe pikir dan loe rasa harus loe ungkapin ke semua orang. Suatu saat, kita bakal kemakan ama omongan kita sendiri. Udah beberapa kali gue mempraktekkan hal yang satu ini, dan syukur semua berjalan dengan baik. Contoh : gue dulu sempet ngerasa heran waktu ngeliat senior gue di kosan masukin cowok ke kamarnya, gue pikir dalam hati kalo' itu kan dilarang sama aturan kosan :) dan hal yang ngeganggu gue ini gak gue ceritain ke temen kosan gue, siapapun (even Eren yang notabene temen kosan gue yang paling deket saat itu). Karena gue udah ngerasa takut duluan, gue takut ketika gue ngejelek2in orang lain, NANTINYA gue sendiri ngelakuin itu. Dan akhirnya, bener kan? gue juga masukin temen2 cowok gue yang ngerjain tugas ataupun Bayu juga (a.k.a my boyfriend). Dalam kasus ini, gue gak akan dicap jadi orang yang muna, karena yang gue pikirin gak gue sampein ke orang lain sebagai bentuk topeng gue biar dikira orang baik2 atau taat peraturan.

Yang kayak gini, buat gue penting banget :) karena kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya, dan gak pas juga kita sekarang ngejudge orang bla bla bla, sedangkan pada akhirnya kita melakukannya juga.

Kita boleh kok, punya sejuta topeng untuk menutupi kekurangan2 kita. Tapi hati2 menggunakan topeng2 itu, jangan sampai ketika suatu saat muncul masalah, topeng loe sendiri yang ngebunuh karakter loe (bahasa gue kayak wawancara NI - LM) hahaa :))

Gue juga banyak kekurangan, tapi gue selalu mencoba untuk jadi yang terbaik, buat keluarga gue, temen2 gue, orang2 yang gue sayang (pacar salah satunya). Dan sejujurnya, gak semua yang mereka liat dan mereka denger itu adalah GUE. Gue ke ortu, bisa jadi anak diem, anteng, gak banyak nuntut ini itu, gak bentak2 kalo' lagi beda pendapat, gak manja2. Disisi lain, kalo' ama temen2, gue ceplas ceplos, ikutan ketawa ketiwi, mendengarkan ini itu, setuju ini itu, pergi kesini kesitu, gila2an bareng2. Kalo' sama pacar?? extra pengertian dan topeng dibutuhin banget! Disaat gue bete tapi dia bete juga, gue pasti lebih milih buat ngelakuin banyak cara buat bikin dia gak bete. Gue tetep senyum2, tetep nawarin ini itu, walaupun jatuhnya jadi hena banget.

Kalo' dipikir2 lagi, kita pacaran sebenernya buat bisa saling ngerti dan tau sifat masing2 kan? kalo' gue terus2an nutupin apa yang gue rasa, gimana dia tau gue yang sebenernya ya?
Di keluarga juga gitu, padahal keluarga adalah orang2 terdekat kita, tapi ampe detik ini pun gue gak pernah bisa cerita apa2 ke ortu gue soal cowok, soal temen2 gue, soal apa yang gue rasa, gak pernah bisa. Dan gak pernah ada yang coba buat peduli dan nanyain apa yang GUE RASA.

Dan pada akhirnya,
gue selalu ngerasa sendiri,
terbunuh....
oleh 1000 topeng gue sendiri

No comments:

Post a Comment